BCA Himbau Nasabah Ganti Kartu ATM Lama

Kartu ATM BCA

BCA (Bank Central Asia) telah hadir di dunia perbankan sejak lebih dari 60 tahun untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat. Beroperasi sejak 1957, dan terus tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Layanan BCA yang dapat dinikmati sampai sekarang sepertiĀ klikBCA, Mobile Banking, ATM BCA dan lain-lain.

PT Bank Central Asia Tbk mengimbau para nasabah untuk mengganti kartu debit yang masih menggunakan magnetic stripe menjadi kartu dengan sistem chip sebelum batas waktu 31 Desember 2021.

Hal ini sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui SE BI No.17/52/DKSP. Penggunaan kartu magnetic stripe diperbolehkan hanya pada kartu ATM atau debit tertentu saja. Selain itu, jika masih ada nasabah yang memakai magnetic stripe, kartu mereka akan diblokir.

Setiap bank memiliki jadwal pemblokiran yang berbeda-beda. Bank BCA melakukan pemblokiran pada awal tahun 2022. Melalui situsnya, BCA mengumumkan masih ada waktu bagi nasabah pemegang kartu ATM BCA atau kartu Paspor BCA untuk diganti menjadi kartu ATM berbasis chip sebelum 31 Desember 2021.

Tiga alas an utama nasabah harus pindah ke kartu debit berteknologi chip. Pertama, kartu debit chip misalnya BCA Mastercard, dapat melakukan transaksi debit online. Hal itu dilakukan dengan cara mengaktifkannya lewat BCA mobile.

Kedua, Bank Indonesia telah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu.

Jadi kamu harus segera mengganti ke Paspor Chip daripada nantinya tidak bisa digunakan karena bank-bank dan merchant-merchant sudah mulai mengganti mesin EDC yang bisa membaca kartu chip secara bertahap,” dikutip dari bca.co.id, Selasa, 30 Maret 2021.

Ketiga, magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy datanya ketimbang kartu chip yang secara teknologi lebih maju. Jadi, kartu magnetic strip itu lebih tinggi berisiko terkena kejahatan online.

BCA menyebutkan, semakin cepat penggantian kartu dilakukan maka akan semakin baik untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi. Per 1 Januari 2022, Paspor lama berbasis magnetic stripe praktis sudah tidak dapat lagi digunakan untuk bertransaksi.

Bagi nasabah yang ingin menukarkan kartu ATM lamanya, bisa mengunjungi kantor cabang dan menemui Customer Service. Penggantian ke Paspor berbasis chip dapat dilakukan di seluruh cabang di seluruh Indonesia. Untuk pergantian kartu ATM, nasabah wajib menyiapkan KTP dan Paspor lama.

Tak hanya itu, nasabah juga bisa menukar kartu di mesin CS Digital. CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan CS dalam satu mesin secara self service di cabang.

Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *