Memulai Usaha Aqiqah Dengan Modal Kecil

Memulai Usaha Aqiqah Dengan Modal Kecil

Memulai usaha aqiqah dengan modal yang kecil merupakan salah satu jenis usaha yang masih memiliki prospek cukup baik. Usaha ini juga termasuk ke dalam jenis usaha mikro kecil dan juga menengah, usaha ini sangat potensial untuk dijalankan di Indonesia.

Seperti yang diketahui bahwa mayoritas penduduk muslim maka peluang untuk kesuksesan usaha Aqiqah Bandung ini cukup besar. Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur bagi para orang tua muslim atas kelahiran bayinya. Aqiqah dilakukan dengan menyembelih hewan kambing. Ketentuan aqiqah adalah 1 kambing disembelih untuk bayi perempuan dan 2 kambing untuk bayi laki – laki.

Di dalam hukum islam aqiqah bukan merupaka sebuah kewajiban, tapi sangat dianjurkan atau biasa dikenal dengan hukumnya sunna muakkad. Aqiqah menjadi bentuk rasa syukur manusia kepada Allaw SWT, karena diberikan rezeki berupa buah hati.

Daging aqiqah ini biasanya di masak dalam bentuk sate atau gulai kambing, yang kemudian nantinya di bagikan kepada kerabat dan tetangga. Namun, bagi sebagian orang apalagi yang berasa diperkotaan tentu mereka tidak mau ambil pusing untuk mengolah dan memasak daging aqiqah sendiri.

Sekarang ini kebanyakan orang cenderung lebih suka memesan di tempat usaha kambing aqiqah. Karena cara ini dianggap praktis, mudah, dan tetap di dalam koridor syariat islam. Memulai usaha aqiqah memang bukan hal yang mudah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar berhasil.

Niat memulai usaha aqiqah dan pengetahuan aqiqah

Niat adalah hal yang paling utama dalam memulai usaha aqiqah, dengan adanya niat maka segera lakukan langkah untuk bisa memulai usaha. Aqiqah bukan merupakan tradisi biasa, melainkan di dalamnya terdapat syarat dan syariat islam yang juga harus dipenuhi. Sehingga kamu harus mengetahui hal ini agar tidak ada kesalahan saat kamu mulai membuka usaha aqiqah. Kamu bisa belajar melalui pemuka agama untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan aqiqah.

Menyiapkan modal untuk usaha

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini relatif cukup besar, namun tentunya itu akan sebanding dengan keuntungan yang nantinya akan di peroleh. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini merupakan materiil dan non materiil. Jika kamu belum memiliki modal, kamu bisa melakukan pinjaman ke koperasi atau mengajak rekan untuk membuka usaha bersama.

Kerjasama peternak kambing yang bagus

Kamu bisa membeli beberapa anakan kambing yang bisa kamu besarkan. Harga anak kambing tentu akan lebih murah, sehingga kamu bisa punya waktu beberapa bulan untuk menyiapkan kambing aqiqah. Kamu bisa membeli kambing dengan harga murah langsung dari peternak kambing atau makelar kambing.

Lokasi usaha yang strategis

Lokasi usaha juga akan menentukan keberlangsungan usaha, banyak usaha yang tidak berkembang karena kesalahan dalam memilih lokasi usaha. Sehingga kamu harus memilih lokasi yang dipinggir jalan strategi, lokasi dekat dengan padang rumput.

Berikut adalah cara memulai usaha aqiqah dengan modal kecil, tentu kamu juga harus terus melihat peluang agar usaha aqiqah mu terus berjalan dan berhasil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *