Tingkah Laku Kucing yang dapat dipahami!

Tingkah laku Kucing memang sangat menggemaskan. Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Mamalia karnivora ini lahir dari berbagai ras dan jenis. Beberapa jenis kucing yang populer mulai dari Persia, Turkish Angoramaine coonScottish fold dan lain sebagainya.

Tingkah Laku Kucing Menggemaskan

Terkadang tingkah kucing yang lucu kerap membuat kita merasa terhibur. Bentuk fisik dari kucing yang mungil dan berbulu pun membuat kita gemas ingin memeluk atau sekedar mengelus tubuhnya.

Sayangnya, ada sebagian orang menganggap memelihara kucing tidak bagus untuk kesehatan apalagi terhadap kesehatan perempuan. Kucing dianggap mampu menyebarkan penyakit toksoplasmosis yang mampu sebabkan kematian janin bahkan kemandulan.

Padahal, ada beberapa manfaat memelihara kucing yang bisa kita rasakan. Manfaat memelihara kucing itu pun tidak hanya untuk hobi dan kepuasan diri.

Cara merawat kucing terkadang gampang-gampang susah untuk sebagian orang. Ada aja pemiliknya yang tidak memahami beberapa perilaku kucing kesayangannya. Kadang kala tingkah laku kucing memang penuh intrik, membingungkan, dan bisa membuat frustasi pemiliknya.

Padahal, memahami beberapa perilaku kucing dapat membuat lebih mudah untuk memelihara dan merawat kucing tersebut.

Berikut beberapa hal mengenai perilaku atau tingkah laku kucing yang kerap membingungkan, dan alasan mengapa mereka melakukannya.

1.Spraying

Spraying atau menyemprotkan air seni merupakan tingkah laku kucing peliharaan yang perlu kita pahami. Spraying ini dilakukan oleh kucing untuk menandai daerah kekuasaannya. Di samping itu, perilaku ini juga dilakukan sebagai salah satu cara untuk melepaskan stres.

Perilaku menyemprotkan air seni ini dilakukan oleh kucing jantan dan betina, tapi frekuensinya lebih tinggi pada kucing jantan. Akan tetapi, kebiasaan spraying ini akan menurun ketika kucing telah dikebiri. Kira-kira 90 persen kucing jantan utuh (belum dikebiri) dan 95 persen betina utuh menunjukkan penurunan signifikan spraying setelah pengebirian.

Nah, andaikan kucing peliharaanmu melakukan tindakan ini, segeralah bersihkan area atau barang yang terkena percikan urinenya.

Do Female Cats Spray? (Common Reasons & Prevention) - All About Cats

2.Menggosokan Badan 

Tingkah laku kucing peliharaan yang lainnya adalah menggosokan atau menempelkan kepala atau badannya ke barang atau tubuh pemiliknya. Gerakan ini mungkin melibatkan seluruh tubuh atau terkadang hanya di dahi dan pipi. Kebanyakan pemilik melihat ini sebagai tanda kasih sayang dan menyambut baik perilaku ini.

Ada pula maksud lain di balik tingkah laku ini. Ketika kucing menggosok-gosokan badannya ke benda atau dirimu, mereka ingin memindahkan bau tubuhnya ke benda atau dirimu. Seolah-olah mereka ingin menandakan benda atau dirimu sebagai miliknya.

Kalau Ada Kucing yang Menunjukkan 6 Gestur ini, Tandanya Ia Menyukaimu.  Buruan Ajak Main!

3.Mencakar Furnitur

Tingkah laku kucing peliharaan yang suka membuat pemiliknya geleng-geleng kepala adalah kebiasaan mencakar-cakar sofa, tempat tidur, kursi, karpet, atau barang-barang lainya. Jangan salah, kebiasaan ini dilakukannya untuk menjaga dan mempertajam kuku.

Tak hanya itu saja, kebiasaan mencakar ini juga bertujuan untuk menandai daerah kekuasaannya dengan meninggalkan aroma di barang tersebut. Aroma yang ditinggalkannya berasal dari kelenjar bau di kedua kaki mereka.

Nah, andaikan kebiasaan mencakar ini sudah amat mengganggu atau merusak, cobalah fasilitasi kucing kesayanganmu dengan memberikan scratching posts untuk dirinya.

Tingkah Laku Kucing: Mencakar Sofa

4.Galak Bertemu Orang Tak Dikenal

Jangan heran bila di beberapa kesempatan ketika kucing peliharaanmu terlihat agak galak saat bertemu orang tak dikenal. Hal ini menandai dominasi pada dirinya.

Untuk menyiasati hal ini, cobalah jangan tatap matanya terlebih dahulu. Lalu, biarkan kucingmu yang mendekati orang baru tersebut, agar sifat galaknya tidak keluar. Ingat, kucing membutuhkan frekuensi bertemu yang cukup sering agar ramah dengan orang lain.

Bisa juga kucing cemburu saat melihat orang baru, karena itu dia jadi galak. Tipsnya, biarkan kucingmu yang mendekati orang baru tersebut agar sifat kucing galak tidak keluar.

Tingkah Laku Kucing: Galak

5.Kebiasaan Mengeong

Mengeong adalah salah satu tingkah laku kucing peliharaan yang terbilang umum. Dengan mengeong kucing mencoba untuk berkomunikasi dengan dirimu. Nah, bila dirimu memperhatikan apa yang kucing kesayangan lakukan saat mengeong, kamu bisa mengerti dan membedakan arti kucing mengeong.

Contohnya, suara mengeong yang pendek biasanya berupa sapaan. Suara mengeong yang berulang bisa menandai kucing peliharaanmu sedang senang. Sementara itu, suara mengeong bernada tinggi, sering kali menandakan amarah, rasa sakit, atau ketakutan.

Tingkah Laku Kucing: Mengeong

BACA JUGA: CARA MEMELIHARA KUCING PERSIA YANG BENAR

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *