SehatQ: Tips Konsultasi Telemed Online dengan Nyaman, Aman, dan Mudah

Bagaimana cara Konsultasi Telemed Online ?. Teknologi memberikan banyak perubahan yang cukup signitfikan terhadap kebiasaan manusia. Banyak aktivitas yang berubah menggunakan sistem digital, semenjak internet hadir. Adanya teknologi ini ternyata juga turut mempengaruhi dunia medis.

Dahulu mungkin kita harus pergi ke rumah sakit, puskesmas, atau klinik saat butuh penanganan dari dokter. Namun saat ini, hanya melalui handphone, kita sudah bisa berkomunikasi dengan dokter melalui fitur konsultasi telemed online.

Telemedicine atau telemed merupakan layanan telekomunikasi yang diperlukan untuk mereka yang membutuhkan penanganan medis tanpa perlu bertemu langsung dengan dokter. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk konsultasi online hingga membeli obat online. Di Indonesia sudah banyak layanan telemedicine yang dapat diakses dengan mudah.

Fitur andalah yang sering digunakan masyarakat Indonesia di aplikasi ini yaitu konsultasi telemed online. Namun bagaimana cara konsultasi online dengan efektif dan efisien? Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba.

5 Tips Konsultasi Telemed Secara Online

1. Pastikan jaringan internet lancar dan stabil

Jaringan internet menjadi keperluan yang harus ada apabila ingin konsultasi telemed online. Jika internet tidak lancar, maka proses konsultasi menjadi terhambat. Jadi sebelum melakukan konsultasi, pastikan Anda memiliki jaringan internet yang stabil.

Namun ketika di rumah jaringan internetnya kurang stabil, tidak disarankan untuk kosultasi di cafe atau tempat ramai lainnya. Sebab konsultasi harus dilakukan di tempat yang sepi dan tenang agar bisa berkomunikasi dengan baik. Jadi, carilah tempat yang jaringannya lancar namun sepi.

2. Buat ringkasan medis

Sebelum bekonsultasi Anda juga bisa membuat ringkasan medis terkait kondisi kesehatan Anda. Hal ini diperlukan untuk membantu dokter online dalam memberikan diagnosa. Anda bisa mencatat gejala yang dirasakan, obat atau vitamin yang sedang dikonsumsi, serta kebiasaan harian Anda yang bisa mempengarahi kesehatan. Kebiasaan harian yang bisa dicatat misalnya, berapa kali makan dalam satu hari, durasi tidur, jenis makanan, durasi olahraga, dan informasi sejenisnya. Apabila sudah menyiapkan ringkasan medis, maka saat dokter bertanya tentang kondisi kesehatan, Anda bisa menjawab lebih mudah.

3. Pilih layanan telemedicine yang tepat

Aplikasi telemedicine yang menyediakan layanan konsul telemed online sangatlah banyak. Dari banyaknya pilihan, Anda bisa memilih salah satu yang menurut Anda terbaik. Sebelum memilih layanan di platform tersebut, Anda bisa terlebih dahulu melihat webiste yang mereka miliki. Anda juga bisa melihat dokter yang tergabung dalam layanan tersebut.

Perhatikan kebijakan privasi yang ada di platform tersebut. Sebab saat Anda berkonsultasi dengan dokter, maka tenaga medis tersebut pasti akan meminta data yang bersifat pribadi seperti riwayat pribadi. Pastikan bahwa platform telemedicine tersebut menjamin keamanan data pribadi yang Anda berikan ke mereka.

4. Pilih yang user friendly

Kemudahan menggunakan fitur konsultasi telemed online harus menjadi pertimbangan yang tidak boleh dilupakan. Biasanya telemedicine hadir dalam bentuk aplikasi digital atau website. Pastikan platform tersebut user friendly atau mudah digunakan. Jadi Anda bisa lebih nyaman saat menggunakan berbagai fitur yang ada didalamnya.

5. Ceritakan kondisi kesehatan dengan jujur dan jelas

Saat memulai konsultasi telemed online, pastikan Anda memberikan penjelasan tentang kondisi kesehatan dengan jujur dan lengkap. Jangan segan untuk mengatakan segala hal yang Anda rasakan. Dengan kejujuran, maka dokter akan lebih mudah melakukan diagnosa dan memberikan pelayanan dan tindakan medis terbaik. Kejujuran dan kelengkapan informasi yang Anda berikan juga diperlukan untuk meminimalisir kesalahan diagnosis yang dokter berikan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *