Kucing Tidur Terus? Ini Alasannya..

Kucing tidur memang hobi mereka. Bicara soal kucing, mungkin yang ada di benakmu ialah hewan tukang tidur dan malas gerak. Mereka tidur rata-rata 15 jam sehari dan beberapa bisa tidur hingga 20 jam dalam jangka waktu 24 jam.

Tingkah laku Kucing memang sangat menggemaskan dan menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Mamalia karnivora ini lahir dari berbagai ras dan jenis. Beberapa jenis kucing yang populer mulai dari Persia, Turkish Angoramaine coonScottish fold dan lain sebagainya.
Pasti suka bertanya mengapa mereka seringkali bermalas-malasan? padahal mereka selalu diberikan makanan dan setelah itu pulas.

7 Potret Lucu Kucing Saat Malas-Malasan di Tempat Tak Semestinya - Citizen6  Liputan6.com

Kucing Tidur: Penyebabnya Kucing Malas

 

1. Tidur di Siang Hari

Anabul paling aktif biasanya saat senja dan fajar. Itu berarti bahwa mereka kebanyakan tidur siang hari dan menjadi aktif sekitar senja. Jangan heran ketika anabul seringkali tertidur pulas, dan kerjaannya makan tidur saja.

Gambar Kucing Malas

2.  Menyimpan Energi

Dikutip dari laman petmd.com, kucing memiliki fisiologi pemangsa yang berarti mereka terprogram untuk mengejar dan berburu, terutama saat malam hari. Kucing besar seperti singa memiliki pola tidur yang mirip seperti di tidur siang hari dan berburu malam hari.

Meskipun sebagian besar anabul rumahan telah didomestikasi, tetapi mereka masih tetap satu spesies dengan singa.

Kucing Kamu Gendut? Hati-Hati, Bisa Jadi Obesitas! - Neko-Kepo

3. Terkadang Mata Terbuka ketika Pulas

Seperti halnya manusia, kucing juga tertidur lelap atau tidur sangat nyenyak. Ketika mereka tertidur yang berlangsung sekitar 15 menit hingga 30 menit pertama maka akan memposisikan tubuhnya sehingga dapat bangkit dan beraksi segera saat ia harus bangun.

Selama tidur nyenyak, kucing mengalami rapid brain movement. Tidur nyenyak cenderung berlangsung sekitar 5 menit. Setelah itu, anabul pasti bermalas-malasan lagi. Pola tidur nyenyak ini akan berlanjut sampai kucing bangun.

Pin di Kucing Jaman Now

4. Kucing akan cenderung lebih banyak tidur jika cuaca mendung dan hujan

Seharusnya, tidak mengejutkan anabul dipengaruhi oleh cuaca sama seperti kita. Perilaku kucing dapat sangat bervariasi, tergantung pada jenis, usia, temperamen dan kesehatan mereka secara keseluruhan. Namun, apa pun kebiasaan mereka, perhatikan bahwa mereka akan lebih banyak mendengkur saat hari sedang mendung dan hujan.

5. Meski kucing terjaga saat malam, mereka bukan hewan nokturnal

Kucing adalah crepuscular yang berarti mereka paling aktif selama jam-jam senja fajar dan senja. Mereka cenderung diam di waktu malam dan siang hari yang lebih gelap ketika predator lain mungkin berkeliaran.

Beberapa anbaul mungkin aktif di malam hari juga, terutama ketika mereka masih kitten. Namun, anabul tipe binatang yang mudah bergaul dan mudah beradaptasi. Ini berarti bahwa kucing cenderung menyesuaikan kebiasaan tidurnya sehingga ia dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan pemiliknya.

Anabul akan menyesuaikan pola tidurnya dengan jadwal makannya. Itulah sebabnya anabul di dalam rumah lebih banyak tidur daripada aktif yang berkeliaran di luar.

BACA JUGA: CARA MEMAHAMI TINGKAH LAKU KUCING

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *