Teknik Dasar Softball

Olahraga permainan bola softball

Permainan bola softball tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia olahraga. Permainan bola kecil ini popular dari tahun 1887 hingga sampai saat ini. softball atau yang akrab di sebut dengan sofbol tercipta oleh George Hancock. Kemudian, Lewis Robert seorang ahli yang menciptakan peraturan dalam bermain olahraga bola softball. permainan bola softball ini di mainkan oleh dua tim, maka olahraga ini di sebut dengan olahraga beregu dan masing masing tim terdiri dari 9 orang anggota. Olahraga permainan bola softball ini di mainkan dengan cara di pukul mengunakan alat pukul bernama stik. dalam olahraga ini memiliki Teknik Teknik dasar dalam permainannya. Apa saja Teknik dasar dalam permainan bola softball, dibawah ini adalah beberapa di antaranya sebagai berikut.

Teknik dasar dalam permainan softball untuk menangkap bola.

Banyak hal untuk bisa mendapat poin dalam permainan bola softball salah satunya adalah menangkap bola dan ada beberapa cara untuk menangkap bola, yaitu sebagai berikut:

Straight ball

Cara ini untuk menangkap bola datar dengan membutuhkan posisi tubuh berdiri siap dan kaki di buka serta pandangan ke arah bola datang dan posisi kedua tangan tepat di depan dada. Untuk menangkap bola yang datang bisa menggunakan tangan kiri di karenakan ajun untuk melempar bola dan mengenakan glove.

Fly ball

Posisi menangkap bola ini caranya dengan keadaan siap dan sempurna sesuai dengan arah bola akan datang, satu atau bisa dua tangan kemudian menangkap bola secara bersamaan, cara ini di sebut menangkap bola lampung.

Groundball

Cara ini biasa di gunakan pemain softball untuk menangkap bola yang menggelinding di bawah. Datangnya bola dengan cara bergulir kemudian di tangkap dengan tangan yang menggunakan glove di arahkan sesuai tempat datangnya bola dan posisi kaki berlutut sedangkan tangan yang lain dalam posisi siap untuk menangkap dan melempar bola.

Teknik dasar dalam olahraga permainan bola softball untuk memegang alat pukul

Penting untuk mengetahui cara memegang alat pukul bola softball ini, untuk cara memegang alat pukul ini memeliki tiga cara yakni pegangan atas, pegangan tengah dan pegangan bawah. Alat pukul ini harus di pegang dengan kuat menggunakan ke dua tangan dengan posisi tangan kiri berada di bagian bawah dan tangan kanan berada di bagian atas.

Teknik memukul bola softball

Untuk bisa memukul bola dengan benar dan baik, pemain olahraga softball harus bisa melakukan pengamatan dan kordinasi yang baik, kecepatan, pengambilan keputusan, dan kekuatan sehingga hasil pukulan bisa melewati strike zone sesuai dengan ketinggian yang di tentukan yaitu setinggi lutut samapi dengan dada pemukul.

Teknik untuk berlari antar base

Setelah pitcher berhasil memukul bola, maka batter atau pemain yang bertugas untuk lari harus segera lari dengan begitu cepat. Dan Teknik lari ini harus menggunakan ujung kaki, tubuh condong ke bagian depan, dan lengan mengayun serta paha di angkat yang tinggi.

Teknik dasar meluncur dalam olahraga permainan bola softball

Selain berlari, bola softball juga memiliki Teknik meluncur. Meluncur bisa menjadi cara agar pemain sofbol bisa cepat sampai ke base. Dengan Teknik ini membantu pemain agar segera sampai untuk menyentuh base tanpa harus mengurangi kecepatan atau menghindari sentuhan dengan lawan. Untuk bisa melakukan cara ini, pemain akan menjatuhkan dirinya atau memegang base terlebih dahulu dengan menggunakan kaki atau bisa juga dengan tangan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *