Membuat Sertifikat di Word? Ini Caranya…

Membuat sertifikat dalam kegiatan apapun sepertinya hal yang wajib untuk saat ini. Setiap kegiatan apapun baik webinar, pelatihan, dan lain-lain membutuhkan sertifikat untuk seorang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk membikin sertifikat atau semacam penghargaan sebetulnya dapat memakai cara-cara, bergantung hasrat dan software yang terkuasai.

Sebagian orang pilih menggunankan software mengedit photo seperti Photoshop atau CorelDraw saat membuat sertifikat kegiatan, karena orang tersebut memandang bila memakai software koreksi itu proses memasukkan gambar dan design template lebih fleksibel dan advance.

Tetapi ada pula yang memakai software Ms Word karena dipandang lebih sederhana dan gampang. Dan kenyataannya memang betul, memakai software ini termasuk lebih gampang bahkan juga bisa menyingkat waktu juga. Jika ingin menghapus halaman di word cukup mudah, dengan cara menghapus halaman di word nanti akan terhapus.

Membuat Sertifikat di Word? Sangat Mudah

  • Mendownload Design Sertifikat yang Diinginkan

Jika kita tidak memiliki desain untuk sertifikat kegiatan seperti apa, namun tenang saja karena Microsoft Word sudah menyediakan banyak sekali template yang siap digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengunduh template sertifikat, silahkan buka Microsoft Word. Kemudian pada menu “New” dan di kotak pencarian template, silahkan ketik “certificate” dan tekan enter. Maka template sertifikat akan keluar. Pilih salah satu yang paling anda sukai.

Membuat Sertifikat di Word? Ini Caranya...

Jika sudah sesuai dan memilih design tersebut, maka bisa langsung klik “Create” untuk mengunduh template tersebut.

  • Mengubah teks sertifikat

Jika selesai mengunduh template tersebut, Kemudian akan terlihat template dengan menggunakan bahasa Inggris. Kita bisa merubahnya, dengan kata-kata yang ada di deskripsinya agar sesuai dengan keinginan.

Membuat Sertifikat di Word? Ini Caranya...

Untuk sertifikat yang penulis buat, penulis memiliki data Nama Institusi, Nama Lengkap, dan Gelar. Jika anda perhatikan, sertifikat yang sudah diubah memiliki kolom “[nama_kolom]”. Nah, kolom tersebut yang nantinya akan kita ubah sesuai dengan data yang ada di Excel. Kemudian untuk isi sertifikat, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda atau mengikuti seperti gambar diatas.

  • Input Data Penerima Sertifikat

Data dari Penerima Sertifikat sangat dibutuhkan dan bisa dibuat dalam satu file Microsoft Excel.

Membuat Sertifikat di Word? Ini Caranya...

Contoh datanya seperti pada gambar diatas. Jika anda ingin mencoba sesuai dengan artikel ini, anda bisa mengunduh data mahasiswa ini. Jika anda memiliki data sendiri, pastikan format tabelnya sudah benar seperti contoh diatas.

  • Menggunakan Mail Merge

Untuk membikin sertifikat dengan data dari Microsoft Excel, kita akan memakai feature Mail Merge yang berada di Microsoft Word. Tahapan pertama, silakan anda tentukan tipe Mail Merge. Dalam panduan ini, penulis memakai “Letters”.

Membuat Sertifikat di Word? Ini Caranya...

tahap selanjutnya ialah pilih resipien. Resipien yang diartikan di sini ialah sumber beberapa datanya. Bila anda telah membuat atau telah mengambilnya di artikel ini, click “Use an Existing List…”. Selanjutnya, cari file Excel-nya dan click “Open”. Bila anda belum mempunyai datanya, silakan buat di Excel atau mengeklik “Tipe a New List…” untuk membuat langsung di Word.

Menggunakan Data Mahasiswa Yang Sudah Ada

tahap selanjutnya, Word akan mengetahui Sheet berapakah beberapa data itu ada. Bila anda cuman mempunyai satu data, karena itu penampilannya bakal jadi di atas. Langsung click “Ok”.

Memilih Tabel Di Mail Merge

  • Memasukan Kolom Excel dengan Dokumen Microsoft Word

Semua penataan Mail Merge telah kita kerjakan di tahapan awalnya. Yang penting anda kerjakan sekarang ini ialah merefensikan kolom yang berada di Excel di document anda.

Mereferensikan Kolom Excel Di Dokumen Word

Kita mulai akan mengganti “[NAMA_INSTITUSI]” supaya sesuai yang berada di Excel. Block kolom “[NAMA_INSTITUSI]”, selanjutnya click “Insert Merge Field”. Tentukan kolom yang sesuai dengan pada gambar di atas. Kerjakan ini ke semua kolom yang berada di sertifikat anda.

Sertifikat Setelah Menggunakan Mail Merge

Apabila sudah, kolom yang awalnya tercatat “[NAMA_INSTITUSI]”, akan beralih menjadi “<>” seperti gambar di atas. Yakinkan kembali semua kolom di sertifikat anda telah direkomendasikan seperti langkah awalnya.

Baca juga: Cara Bikin Subtitle Youtube

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *