Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola

Olahraga futsal kerap dikatakan sebagai wujud lain dari permainan sepak bola karena mempunyai kesamaan dalam langkah bermain. Permainan sepak bola dan futsal dimainkan dengan menyepak dan menyarangkan bola ke gawang untuk cetak gol atau angka. Disamping itu, olah fisik ini ada ketidaksamaan menonjol dari sepak bola dan futsal sebagai permainan atau olahraga memakai bola.

Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futsal disebutkan sebagai tipe permainan sepak bola dalam ruang sama ukuran lapangan dan gawang lebih kecil. Adapun pemahaman sepak bola ialah permainan bola mengikutsertakan dua regu berisi masing-masing 11 pemain dan jalan sepanjang 2×45 menit yang ditetapkan dari beda gol antara team. Berdasar pemahaman itu, ketidaksamaan fundamental sepak bola dan futsal ialah lokasi atau tempat permainannya.

  1. Tipe Lapangan

Secara umum, olahraga sepakbola diselenggarakan atau dimainkan pada tempat terbuka alias di luar ruang di mana lapangannya berumput hijau. Rumput di atas lapangan sepakbola juga sebagai rumput asli dengan tanah pada bagian bawahnya. Namun, kadang kita bisa juga menjumpai lapangan sepakbola dengan rumput sintetis alias bikinan.

Tetapi khusus untuk lapangan sepakbola yang digunakan untuk laga sah, tak pernah memakai rumput sintetis dan harus rumput asli. Sedang untuk lapangan futsal, tipe lapangannya berlainan dari sepakbola karena pemakaian vinyl/rumput sintetis di mana lapisannya berbentuk semen atau beton. Lapangan futsal sendiri ada yang di indoor ada juga yang outdoor.

  1. Jumlah Pemain

Kita tahu jika sepakbola mempunyai jumlah pemain 11 orang dengan status pemain sepakbola yang telah ditetapkan dan sudah terhitung penjaga gawang. Jumlah 11 orang pemain pada sepakbola belum terhitung pemain pengganti. Tetapi karena futsal berkesan mempunyai barisan kecil, karena itu ketidaksamaan jumlah pemain pasti.Pada futsal, umumnya cuman lima orang saja yang bermain di atas lapangan dan ini telah terhitung penjaga gawang tetapi tidak hitung pemain cadangannya.

Secara umum, permainan futsal juga  lebih fleksibel dengan pemain-pemainnya dan seperti sepakbola, ada 2 team yang berlaga menantang keduanya, namun masing-masing team sepak bola mempunyai 11 orang dan futsal cuman lima orang.

  1. Ukuran Lapangan

Untuk permasalahan ukuran lapangan juga di antara lapangan sepakbola dan futsal mempunyai ketidaksamaan. Panjang lapangan sepak bola ialah di antara 90-120 mtr. dengan lebar 45-90 mtr.. Sedang lapangan futsal lebih kecil dengn panjang 25-42 mtr. dan lebar 15-25 mtr..

  1. Bola

Walau keliatannya sama, tetapi sepakbola dan futsal mainkan bola yang lain. Berikut adalah info ketidaksamaan bola di antara yang dipakai dalam sepakbola dan futsal:

  • Ukuran bola yang dipakai dalam sepak bola mempunyai keliling 68-71 cm, sedang pada bola futsal ukuran kelilingnya ialah 62-64 cm.
  • Berat bola yang dipakai dalam sepak bola ialah 396-453 gr, sedang untuk bola yang ada di futsal mempunyai berat 400-440 gr.
  • Penekanan bola yang dipakai dalam sepak bola ialah 8-12 psi, sedang penekanan bola futsal ialah 0,4-0,6 atmosfir.
  • Refleksi bola yang dipakai dalam sepak bola ialah 60 cm jika dijatuhkan dari tanah dengan ketinggian 1 mtr., sedang untuk bola futsal refleksinya cuman sekitaran 55-65 cm.
  1. Ukuran Gawang

Dalam permainan sepak bola dan futsal, ke-2 nya memiliki ukuran gawang yang tidak sama. Karena lapangan futsal lebih kecil daripada lapangan sepakbola, bisa ditegaskan jika gawangnya juga lebih kecil, yaitu dengan tinggi 2 mtr. dan lebar 3 mtr.. Sementara pada sepakbola, gawang memiliki ukuran tinggi 2,44 mtr. dan lebarnya 7,32 mtr..

  1. Durasi Waktu

Dalam permainan sepakbola dan futsal, saat berlaga juga memiliki waktu laga berlainan. Pada sepakbola, waktunya ialah 90 menit atau 2 x 45 menit, sementara untuk futsal ialah 40 menit saja alias 2 x 20 menit.

  1. Tambahan Waktu

Pada kejuaraan, laga sepakbola ada tambahan waktu 2 x 15 menit jika score dipastikan seri, sementara untuk futsal umumnya mempunyai tambahan waktu 10 menit saja alias 2 x 5 menit saat hasil score ke-2  team sampai seri.

  1. Waktu Istirahat dan Timeout

Tiap laga sepakbola akan berlakukan waktu istirahat 15 menit dan tentu saja waktu 15 menit ini tidak terhitung 90 menit laga yang ada di set I dan II. Sementara untuk futsal, pemain cuman dikasih waktu istirahat 10 menit. Istilah time out juga tidak ada pada kamus sepakbola, tetapi dalam permainan futsal, optimal 1 kali time out per set.

  1. Penggantian Pemain

Pada laga sepakbola, harus minta ijin terlebih dahulu ke wasit untuk lakukan penggantian pemain. Wasit selanjutnya akan hentikan permainan sesaat saja di mana waktu ini akan dipakai pemain keluar dan masuk. Pemain di atas lapangan harus keluar terlebih dahulu dan diikuti pemain cadangan masuk ke lapangan. Pada futsal memang lumayan berlainan karena pada intinya tidak ada ketentuan seperti begitu saat akan menukar pemain.

Berikut yang disebutkan lebih fleksibel, karena pemain futsal dapat keluar dan masuk ke lapangan kapan pun tanpa perlu mendapat ijin terlebih dahulu dari wasit. Tetapi pada penjaga gawang futsal, wasit laga tetap harus mengendalikannya bila ingin ditukar.

  1. Jumlah Pemain Alternatif

Pada sepakbola, pergantian pemain ada selalu jumlah maksimal, yaitu terbatasi sampai tiga orang atau 3x menukar pemain. Sementara untuk permainan futsal, pergantian pemain dapat terjadi kapan pun tanpa maksimal pergantian pemain hingga memang kapan saja pemain berasa ingin diganti dapat dilaksanakan selekasnya.

  1. Jumlah Wasit

Dalam permainan sepakbola, jumlah wasit yang ada di lapangan ialah satu orang dan umumnya ada dua orang wasit yang lain sebagai penjaga garis. Tetapi pada futsal, cuman ada dua orang wasit saja yang berperang sebagai pimpinan laga dan mereka ada selalu di luar lapangan.

  1. Ketentuan Contact Fisik

Adu fisik antara pemain saat bermain sepakbola masih dibolehkan jika cuman menyenggol atau lakukan sliding tackle saja. Tetapi saat bermain futsal, adu fisik benar-benar tidak dibolehkan sepanjang laga atau permainan berjalan.

  1. Bola Out

Bola yang out pada laga atau permainan sepak bola ketentuannya harus dilempar kembali dengan seorang pemain ke lapangan. Tata langkah pelemparan bola ini ada juga sendiri menurut ketentuan permainan sepakbola yang ada. Tetapi pada futsal, ketentuannya cukup berlainan karena bola perlu disepak setelah out.

  1. Kartu Merah

Pemain sepakbola akan terserang kartu merah saat lakukan pelanggaran dan pemain ini jangan diganti pemain yang lain hingga jumlah anggota 1 team akan menyusut sampai laga capai akhir. Sementara dalam permainan futsal tidak begitu, malah pemain yang telah terkena kartu merah bisa dan dibolehkan untuk ditukar pemain pengganti sesudah 2 menit atau setelah team musuh sanggup cetak gol.

  1. Offside

Pada sepakbola, ketentuan offside ada selalu dan diterapkan, tetapi pada laga futsal, tidak ada ketentuan offside semacam ini. Kembali lagi pada futsal memang lebih fleksibel daripada sepakbola karena ketentuan yang ada tidak demikian mendalam dan banyak.

  1. Gol

Pada sepakbola ada selalu offside hingga ketentuan ini cukup menyulitkan pembuatan gol. Berlainan dari sepakbola, permainan futsal yang tanpa ketentuan offside semakin lebih gampang cetak gol untuk beberapa pemainnya. Itu kenapa dalam laga futsal bisa terjadi banyak gol. Pemain futsal juga semakin lebih rileks berada di dekat gawang.

  1. Back Pass

Pada sepakbola, ketentuan untuk lakukan back pass ke penjaga gawang tidak mempunyai batas dan ini ialah ketentuan yang tentu saja berlaku secara standard. Tetapi dalam permainan futsal, back pass ke penjaga gawang cuman bisa dilaksanakan 1 barangkali.

  1. Waktu Mengawali Laga

Pada sepak bola dijumpai jika waktu untuk mengawali laga benar-benar tidak ada. Tetapi saat bermain futsal, cuman ada waktu sekitar 4 menit untuk mengawali laga.

  1. Pelanggaran

Permasalahan pelanggaran juga kembali lagi berlainan, sama dalam sepakbola umumnya tidak ada batas untuk pelanggaran, bila pemain menyalahi maka dikenai kartu kuning atau kartu merah. Tetapi pada futsal, ada batas pelanggaran dan itu cuman sampai 5x saja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *