Fakta Menarik Mengenai Budaya Cina dan Bahasa Mandarin

Fakta Menarik Mengenai Budaya Cina dan Bahasa Mandarin

Setelah bahasa Inggris menjadi bahasa internasional namun kini giliran bahasa Mandarin yang menjadi bahasa internasional kedua di dunia. Sehingga, bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan oleh oleh orang di seluruh dunia. Hal inilah juga yang membuat sekarang ini banyak sekali orang – orang yang mengikuti kursus Mandarin untuk dapat menguasai bahasa Mandarin.

Namun sebelum kamu mempelajari bahasanya, kamu harus terlebih dahulu mengetahui sejarah budaya Cina dan bahasa Mandarin. Negara Cina atau Tionghua memiliki tradisi dan kebudayaan yang sangat unik. Masyarakat Cina sendiri memiliki tradisi dan budaya yang unik mulai dari kaligrafi, makanan, gaya berpakaian, bahasa dan lainnya.

Kaligrafi China atau huruf Mandarin ini adalah merupakan seni menulis tanda – tanda bahasa Cina. Kaligarfi Cina sendiri telah ada sejak abad ke -2 yang dimana ini ditunjukan untuk menyampaikan gagasan sekaligus juga untuk menampilkan keindahan abstrak grafis.

Menulis kaligrafi Cina bisa menggunakan kuas dengan mengandalkan pergelangan tangan yang bergerak secara luwes. Huruf Mandarin ini merupakan yang berasal dari gambar ataupun simbol. Contohnya seperti simbol matahari (ri) maka artinya adalah matahari.

Bahasa nasional resmi Cina yaitu adalah bahasa Mandarin. Mandarin sendiri dalam bahasa melayu memiliki arti Menteri. Mandarin adalah merupakan sebutan untuk pembesar – pembesar Cina dari Dinasti Qing. Dinasti Qing ini didirikan oleh sukuu Manchu, sehingga pembesar – pembesar kekaisarannya disebut sebagai Mandaren yang berarti “Pembesar Manchu”.

Kemudian sebutan Mandaren ini pada akhirnya berevolusi menjadi Mandarin. Dan bahasa yang digunakan oleh para pembesar Manchu ini disebut sebagai bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin sebenarnya memiliki arti Beifanghua yang secara harfiah juga memiliki makna bahasa percakapan utara dimana merupakan bagian dari dialek.

Oleh sebab itu, banyak orang dan kalangan yang berpendapat bahwa bahasa Mandarin ini sesungguhnya merupakan dialek bukan bahasa. Dan saat ini banyak orang yang mempelajari bahasa Mandarin karena mengingat bahasa ini berguna dalam komunikasi perdagangan dengan masyarakat Cina.

Masakan Cina dan Budaya Mandarin

Selain bahasanya, hampir seluruh negara di dunia ini pasti mengenal masakan Cina. Masakan Cina sendiri dikenal dengan bumbunya yang sederhana dan memiliki rasa yang khas. Masakan Cina biasanya tidak memerlukan terlalu banyak waktu dalam proses memasaknya, cita rasanya yang pas membuat masakan dari Cina sangat mudah untuk diterima oleh semua orang di seluruh dunia.

Penduduk Cina juga memiliki tata cara makan yang berbeda dengan negara lainnya yaitu menggunakan sumpit. Tidak mengherankan jika setiap tahunnya Cina mampu memproduksi sumpit hingga lebih dari 45 miliar batang sumpit. Alat makan sumpit ini sendiri awalnya diciptakan oleh bangsa Tiongkok dari 3000 hingga 5000 tahun yang lalu.

Selanjutnya adalah Cheongsam, yang merupakan pakaian panjang untuk wanita yang berbahan ketat di badan sehingga mampu untuk memperlihatkan lekuk tubuh wanita. Cheongsam hingga saat ini masih populer digunakan oleh wanita Cina. Cheongsam sendiri merupakan gaun yang diciptakan pada tahun 1920-an. Pakaian Cheongsam ini banyak digunakan oleh wanita – wanita tiongkok maupun oleh wanita dari negara – negara lain di dunia.

Warga Tiongkok pada umumnya menggunakan pakaian serba putih untuk berkabung dan biasanya disebut Hoo Lam. Pakaian ini terdiri dari pakaian yang serba putih dan juga topi putih yang terbuat dari kain blacu. Lalu dipasang Ha atau pita putih dan diikatkan pada lengan kiri sebagai tanda berkabung.

Lalu, kalender Cina juga merupakan sistem penanggalan tertua di dunia. Hal ini semakin menguatkan jika Cina merupakan negara yang memiliki peradaban sejak lama. Kalender Cina sendiri telah digunakan sejak abad ke – 3 SM. Kalender Cina sendiri diciptakan oleh Huang Di atau Maharaja Kuning yang memerintah pada tahun 2698 – 2599 SM.

Kalender Cina ini kemudian dikembangkan oleh banyak dinasi – dinasti Cina dari Cina Kuno. Dan kemudian pada abad 104 SM pada masa pemerintahan Kaisar Wu dari Dinasti Han menyebut kalender ini sebagai kalender Taichi yang sampai saat ini masih terus digunakan oleh orang – orang Cina.

Berikut adalah fakta – fakta menarik mengenai budaya Cina dan Bahasa Mandarin yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu kamu akan termotivasi dan semangat untuk mempelajari budaya Cina dan bahasa Mandarin.

Seperti yang kita ketahui bahasa Mandarin kini telah menjadi bahasa kedua internasional setelah bahasa Inggris.  Sehingga kamu bisa mulai melatih kemampuan berbahasa Mandarin kamu dengan mengikuti  kursus – kursus Mandarin.

Karena dilihat saat ini Cina telah menjadi menjadi penyokong ekonomi terbesar di dunia dan di Indonesia pun juga banyak sekali investor – investor dari Tiongkok yang membangun perusahaan – perusahaannya di Indonesia. Dengan begitu sumber daya manusia yang akan sangat dicari dan dibutuhkan di masa mendatang adalah SDM yang mampu dan menguasai bahasa Mandarin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *