Jenis – Jenis Rayap di Indonesia

Jenis – Jenis Rayap di Indonesia

Rayap merupakan hama yang membutuhkan kelembaban cukup tinggi agar mampu bertahan hidup. Kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia menjadi penyebab rayap dan populasinya bisa tumbuh secara merata di setiap daerah di Indonesia. Karena kebiasaan rayap yang tergolong suka merusak konstruksi rumah, sehingga rayap menjadi salah satu jenis hama yang paling dibenci oleh pemilik rumah.

Sama seperti hama lainnya, rayap memiliki spesies yang tersebar diseluruh dunia sekitar 2.750 jenis rayap. Namun hanya sedikit rayap yang dianggap sebagai “hama” karena tidak semua jenis rayap langsung merugikan manusia.

Jenis rayap yang ada di Indonesia diklasifikasikan ke dalam 3 kategori ekologis yaitu rayap tanah, rayap kayu kering, dan rayap kayu basah. Ini diklasifikasikan sesuai dengan kebiasaan bersarang dan juga makan mereka. Dengan adanya Rayap, Maka munculah Jasa Pembasmi Rayap hal ini dikarenakan sifat perusak rayap terhadap perabot rumah.

Rayap Tanah

Rayap tanah adalah serangga yang hidup di dalam sebuah koloni yang terdiri dari banyak individu. Rayap ini ditemukan hampir diseluruh daerah Indonesia, dan termasuk jenis rayap yang paling umum ditemukan di bangunan rumah. Rayap ini harus berada di dekat sumber tempat yang lembab untuk bertahan hidup.

Rayap ini akan membangun sarang di tanah dimana mereka dapat dengan mudah memperoleh kelembaban yang berasal dari tanah. Rayap ini juga akan membuat terowongan melalui tanah untuk dapat mengakses tanah dan kayu yang lembab. Dan pada saat musim kemarau, mereka akan memperdalam terowongan tanah mereka untuk mendapatkan tempat yang lebih lembab.

Rayap Kayu kering

Berikutnya adalah rayap kayu kering yang hidup di dalam koloni kecil. Biasanya rayap ini kurang dari 1.000 individu dan mereka hidup di dalam potongan kayu. Rayap kayu kering tidak seproduktif rayap lainnya, namun gejala kerusakan yang ditimbulkan dari rayap ini tidak bisa terdeteksi. Rayap ini tida membutuhkan kontak dengan tanah, dan lebih memilih untuk tinggal di daerah yang mempunyai kadar air rendah.

Bentuk koloni rayap kayu kering ini jauh lebih kecil bila dibandingkan denga koloni rayap tanah. Mereka hidup sepenuhnya di dalam kayu, sehingga membuat mereka sulit untuk di deteksi. Rayap ini memakan kayu yang keras maupun kayu yang lunak.

Gejala serangan rayap kayu kering yang paling sering nampak terlihat adalah munculnya frass. Frass adalah sampah atau kotoran rayap. Gejala ini dapat ditemukan di rumah pada lantai ataupun permukaan datar dibawah kayu yang mereka tinggali.

Rayap Kayu Basah

Jenis ketiga adalah rayap kayu basah, rayap ini biasanya menempati kayu yang sudah membusuk, lembab dan basah misalnya seperti melalui kebocoran air pada sebuah bangunan. Mereka bersarang pada kayu yang berada di aera outdoor seperti pohon, kayu atau tunggal yang bersentuhan dengan tanah.

Penyebaran rayap kayu basah ini terbilang sangat terbatas, karena mereka tidak membuat terowongan tanah untuk menyebar. Makanan rayap kayu basah ini adalah kayu yang sudah membusuk. Jadi jika kamu melihat ada rayap yang menggerogoti meja atau lemari kayu di rumah, kemungkinan besar itu bukan disebabkan oleh rayap kayu basah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *